Mengapa Ada SDIT BAHTERA NUH?



SDIT BAHTERA NUH berlokasi di Jl. Gandasoli Kidul No. 42 Gandasari Kecamatan Katapang Kab. Bandung. Lahir atas inisiatif para pendiri Yayasan Bahtera Nuh Alaihissalam. Sebagaimana tercantum dalam anggaran dasar, Yayasan BNA bergerak dalam bidang keagamaan, sosial, dan kemanusiaan. Realisasi dari anggaran dasar tersebut, Yayasan BNA berupaya ikut berpartisipasi dalam memajukan kualitas pendidikan anak-anak muslim di nusantara ini dengan mendirikan lembaga pendidikan formal, yang pada kesempatan tahun ke-2 ini, kami telah lembaga pendidikan formal untuk jenjang taman kanak-kanak dan jenajang sekolah dasar.
Harapannya, siswa yang mengenyam pendidikan di SDIT BAHTERA NUH ini bisa menjadi generasi muslim yang berilmu (baik ilmu agama maupun ilmu umum), beriman dan bertakwa, serta selalu semangat beramal shalih dan menjauhi maksiat. Dalam pandangan kami, harapan di atas merupakan cita-cita mulia kami sebagai sebongkah kepedulian Yayasan BNA pada dunia pendidikan di Indonesia ini. Kami ingin ikut berperan serta membantu pemerintah dalam menyediakan satuan pendidikan bagi masyarakat.
Sebenarnya lembaga serupa sudah terlebih dulu ada di UPTD TK dan SD Kecamatan Katapang ini. Setahu kami, ada sekitar empat SD Islam plus swasta yang telah lama berdiri. Terus terang, kami sangat bergembira dengan keberadaan satuan pendidikan tersebut, karena dengan banyaknya SD Islam, menjadikan orangtua banyak pilihan harus ke mana menyekolahkan putra-putri kesayangannya. Para orangtua bisa mempercayakan pendidikan putra-putrinya pada sekolah yang islami. Di SD Islam, anak-anak diajarkan akidah yang lurus, ibadah yang benar, dan akhlak yang terpuji. Di samping itu, prestasi siswa di bidang pengetahuan umum pun cukup bagus karena dibimbing oleh guru yang amanah dan profesional.
Namun sebagian orangtua hanya mengurut dada dan tetap saja menyekolahkan putra-putrinya ke SD yang mungkin tidak ideal; guru yang kurang disiplin, sistem kurikulum yang tidak agamis, dan lingkungan pergaulan siswa yang tidak baik. Mengapa orangtua tega menitipkan pendidikan anaknya ke lembaga seperti itu dan tidak menyekolahkan di SD Islam Plus? Jawabannya karena biaya pendidikan di SD tersebut jauh lebih murah dibandingkan biaya  di SD Islam Plus. Bahkan di SD tersebut bisa dikatakan pendidikan gratis tidak dipungut biaya. Berbeda dengan di SD Islam Plus yang ada di tempat kami tinggal. Untuk bisa diterima menjadi siswa, orangtua harus merogoh kocek jutaan rupiah. Belum lagi iuran bulanan yang mahal dan tektek bengek kebutuhan lainnya, membuat orangtua tak sanggup untuk menanggungnya.
Berdasarkan alasan di atas, maka dengan mengucap bismillah kami mendirikan SDIT BAHTERA NUH ini. Kami berharap SDIT BAHTERA NUH ini sebagai jawaban yang tepat untuk orangtua yang menginginkan anaknya mengenyam pendidikan terbaik di sekolah yang mengusung nilai-nilai keislaman dalam sistem belajarnya, namun  dengan biaya yang terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.

6 komentar:

  1. Maaf..cuma sekedar bertanya. Apakah sd bahtera nuh Yayasan Persis, Muhammadiyah,Nu,atau apa?

    BalasHapus
  2. Maaf..cuma sekedar bertanya. Apakah sd bahtera nuh Yayasan Persis, Muhammadiyah,Nu,atau apa?

    BalasHapus
  3. Terimakasih Saudara Justice Man telah berkunjung ke blog kami. Adapun berkenaan dengan pertanyaan Saudara, kami sampaikan bahwa SDIT BAHTERA NUH berada di bawah naungan Yayasan Bahtera Nuh Alaihissalam. Yayasan ini tidak berafiliasi pada ormas tertentu seperti yang Saudara contohkan di atas.

    Kami Yayasan yang tidak mengibarkan bendera ormas. Kami hanya berkomitmen untuk mengibarkan bendera Islam berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah sesuai dengan contoh rasul dan para sahabatnya yang mulia.

    Adapun mengenai guru dan karyawan SDIT BAHTERA NUH ada yang berlatar belakang dari NU, Persis, Muhammadiyah, dan lainnya. Yang penting mereka merupakan SDM yang profesional dan berkualitas dan tidak mengajarkan kesesatan. Wallahu a'lam

    BalasHapus
  4. Mohon maaf apakah sudah ada izin operasional dan sudah terakreditasi blom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dari tahun 2015 kita secara sah memiliki izin operasional. Bahkan tanggal 26 - 27 September 2016, sekolah kami akan diakreditasi. Alhamdulillah.

      Hapus